Posted by : Unknown Minggu, 20 Januari 2013


Pengertian Abstraksi

Abstraksi adalah bagian ringkas suatu uraian yang merupakan gagasan utama dari suatu pembahasan yang akan diuraikan. Abstrak digunakan sebagai “jembatan” untuk me­mahami uraian yang akan disajikan dalam suatu karangan (biasanya laporan atau artikel ilmiah) terutama untuk memahami ide-ide per­masalahannya. Dari abstrak, pembaca dapat mengetahui jalan pikiran penulis laporan/artikel ilmiah tersebut dan mengetahui gambaran umum tulisan secara lengkap.

Tujuan Abstraksi


1)   Membantu seseorang yang sibuk untuk dapat mengetahui suatu artikel, hasil penelitian, berita yang terbaru tanpa harus membaca full text.
2)   Menghemat waktu, tenaga dan biaya
3)   Membantu dalam memecahkan masalah dalam penguasaan bahasa
4)   Dapat dipakai sebagai pengganti artikel asli
5)   Sebagai salah satu alat kelengkapan dalam penelusuran surut / pencarian informasi
6)   Sarana untuk membuat indeks

Contoh Abstraksi


Telah dilakukan penelitian mengenai identifikasi persebaran batu candi inti dan perwara dengan metode magnetik di dusun Palgading desa Sinduharjo kecamatan Ngaglik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persebaran dan luasan candi inti maupun perwara yang masih terkubur di dalam tanah di dalam Situs Purbakala Candi Palgading.
Pengambilan data dilakukan pada tanggal 29 September 2011 di sebelah timur dan selatan candi Palgading yang sudah digali. Penelitian ini mengambil 50 titik di sebelah selatan dan 35 titik di sebelah timur candi yang sudah digali. Data mentah keluaran dari Proton Precission Magnetometer (PPM) dikoreksi dengan data variasi harian dan koreksi IGRF. Data tersebut kemudian dikoreksi kontinuasi ke atas dan reduksi ke kutub menggunakan software magpick lalu diinterpretasikan.
Hasil analisis kualitatif pada penelitian ini menunjukkan adanya persebaran anomali di setiap daerah penelitian. Hasil analisis kuantitatif menununjukkan besarnya luasan anomali pada daerah pertama yakni dengan panjang 0.81 Meter dan lebar 2.37 Meter sedangkan pada daerah kedua memiliki panjang 0.51 Meter dan lebar 0.78 Meter.


Pengertian Daftar Pustaka

Daftar Pustaka adalah suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah seperti Makalah, Skripsi, Tugas Akhir, Laporan, Thesis,dan penelitian. Pemilihan daftar pustaka ini harus benar-benar sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas dalam makalah. Mahasiswa, Dosen, Siswa tidak boleh mencantumkan nama/judul buku, artikel/jurnal serta dokumen lainnya baik cetak maupun internet yang tidak terdapat dalam daftar pustaka ini.

Tujuan Daftar Pustaka

Tujuan daftar pustaka adalah memberikan deskripsi yang penting tentang buku, majalah, harian itu secara keseluruhan. Karena itu fungsi catatan kaki dan Daftar Pustaka seluruhnya tumpang-tindih satu sama lain.

Contoh Daftar Pustaka

Budiono. 1982. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta : Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.







Description: Abstraksi dan Daftar Pustaka
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Abstraksi dan Daftar Pustaka

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -