Posted by : Unknown Jumat, 12 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia Dalam Konsep Ilmiah

Peranan bahasa indonesia dalam konsep ilmiah sangat penting. Karna kemampuan berbahasa yang baik dan benar merupakan persyaratan untuk melakukan kegiatan ilmiah. Bahasa merupakan sarana komunikasi ilmiah pokok, tanpa penguasaan tata bahasa  yang baik akan sulit bagi seorang peneliti untuk mengkomunikasikan gagasannya kepada orang lain.

Setelah melakukan kegiatan ilmiah, seorang peneliti pasti menulis hasil penelitiannya dalam sebuah buku atau biasa disebut karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah tidak mungkin ditulis asal atau tanpa aturan, karna salah satu tujuan penulisannnya adalah mempermudah pembaca untuk mempelajarinya. Karna itu dibutuhkan peranan bahasa indonesia agar seorang peneliti memiliki kecermatan dalam penulisannya agar tata bahasanya mudah dimengerti.


Fungsi Bahasa Indonesia Secara Umum


Bahasa sebagai alat komunikasi

Melalui Bahasa, manusia dapat berhubungan dan berinteraksi dengan alam sekitarnya, terutama sesama manusia sebagai makhluk sosial. Manusia dapat memikirkan, mengelola dan memberdayakan segala potensi untuk kepentingan kehidupan umat manusia menuju kesejahteraan adil dan makmur. Manusia dalam berkomunikasi tentu harus memperhatikan dan menerapkan berbagai etika sehingga terwujud masyarakat yang madani selamat dunia dan akhirat. Bahasa sebagai alat komunikasi berpotensi untuk dijadikan sebagai sarana untuk mencapai suatu keberhasilan dan kesuksesan hidup manusia, baik sebagai insan akademis maupun sebagai warga masyarakat. Penggunaan bahasa yang tepat menjadikan seseorang dalam memperlancar segala urusan. Melalui bahasa yang baik, maka lawan komunikasi dapat memberikan respon yang positif. Akhirnya, dapat dipahami apa maksud dan tujuannya.


Bahasa sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan

Penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dilakukan melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya. Banyak buku dan majalah tersebut menggunakan bahasa asing. Karena itu dibutuhkan penerjemah agar buku tersebut diterjemahkan ke bahasa indonesia, dengan menggunakan bahasa Indonesia. Rakyat indonesia akan mudah mempelajarinya dan akhirnya akan membantu perkembangan ilmu pengetahuan.

Description: Peranan Bahasa Indonesia Dalam Konsep Ilmiah dan Fungsi Bahasa Indonesia Secara Umum
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Peranan Bahasa Indonesia Dalam Konsep Ilmiah dan Fungsi Bahasa Indonesia Secara Umum

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -