Posted by : Unknown Rabu, 18 Juli 2012

Saat ini optical drive pada notebook sudah bukan lagi merupakan hal yang utama dalam notebook. dengan desain notebook yang makin tipis dan ringan membuat periperal ini cenderung untuk ditinggalkan, sebagai gantinya media penyimpanan USB Flash drive atau external  HDD sudah banyak di jual dengan harga yang dapat terjangkau, selain kapasitasnya besar, media penyimpanan ini juga bisa dibilang lebih tahan lama dibanding CD atau DVD (tergantung bagaimana menyimpan dan menggunakan External HDD dan USB Flash Disk).

Saat ini untuk menginstall Windows  7/8 dapat dilakukan menggunakan media USB Flash Disk, dan tentunya  pilihan booting pada Notebook dan komputer sudah mendukung Boot dari Flash Disk.

Microsoft telah mengeluarkan master Windows 7 dan Windows 8 dalam bentuk DVD maupun images dari DVD itu yang bertipe ISO yang dapat di buat ke berbagai media (DVD atau bahkan Flash Disk).

Kali ini akan di bahas cara membuat Master Windows 7 atau Windows 8 dari Flash DIsk, sebelum itu kita membutuhkan :
Windows 7 atau Windows 8 ISO file dan Program WinRAR.
Minimal 4 GB Flash Disk untuk Windows 7. dan mungkin 8 GB USB Flash Disk untuk Windows 8.

    Cara Pertama : Menggunakan cara manual

    Langkah 1 - Menyiapkan media USB Flash Drive

    Pertama Flash Disk akan diformat dan akan menghapus semua data dalam Flash Disk. Klik Start -> Computer untuk membuka windows explorer.

    Klik kanan pada Flash Disk dan pilih format.

    Klik start dan Flash Disk akan diformat.

    Langkah 2 - Menyiapkan master windows 7/8

    Jika master berbentuk images ISO maka file harus di ekstrak menggunakan WinRAR, jika dalam bentuk DVD lompat ke langkah 3.  



    Langkah 3 - Copy master ke USB Flash Disk

    Master yang menggunakan ISO


    Setelah di ekstrak maka akan dilakukan copy master windows 7/8 ke USB dengan menggunakanperintah XCOPY.
    Buka command prompt, kemudian masuk ke direktori hasil ekstrak windows 7/8 tadi, kemudian jalankan perintah XCOPY *.* j: /e. ganti huruf j dengan huruf drive flash disk.


    Master yang menggunakan DVD

    Jika master windows 7/8 menggunakan DVD jalankan perintah XCOPY D:  J: /e dan tekan enter. ganti huruf D dengan drive DVD-ROM dan ganti hurf J dengan drive USB Flash Disk.


    Lankah 4 - Install Windows 7/8 dari USB Flash Disk

    Seleteh proses copy selesai, restart komputer dan untuk kebanyakan komputer atau laptop tekan F11 atau F12 untuk boot. kalau tidak masuk ke BIOS dan ganti boot order ke Removable Media atau USB Flash Drive.

    Cara Kedua - Metode otomatis

    Microsoft telah merilis tools gratis untuk membuat bootable windows 7/8 dari flashdisk dari images ISO. Download software-nya dan masukan ISO file dalam software-nya maka akan secara otomatis membuat bootable USB Flash disk untuk windows7/8.

    Download the Microsoft Store Windows 7 USB/DVD Download Tool,
    Alternatif .

    Untuk membuat instalasi beberapa windows dalam sebuah flashdisk (Windows XP, Windows 7 dan Windows 8) dapat dibaca dibaca disini "Membuat multiboot windows installer dalam satu Flashdisk"

    Description: Install windows 7/8 dari Flash Disk
    Rating: 4.5
    Reviewer: Unknown
    ItemReviewed: Install windows 7/8 dari Flash Disk

    Leave a Reply

    Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

    Welcome to My Blog

    Popular Post

    Labels

    Arsip Blog

    Followers

    - Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -