Mark Zuckerberg mendirikan Facebook di kamarnya asrama perguruan tinggi enam tahun lalu. Lima ratus juta orang telah bergabung sejak, dan 879 dari mereka adalah teman-temannya. Situs ini adalah direktori penduduk dunia, dan tempat untuk warga negara untuk menciptakan identitas publik. Anda mendaftar dan mulai posting informasi tentang diri Anda: foto, riwayat pekerjaan, mengapa Anda kesal sekarang dengan pemilihan bergetah-beruang di Rite Aid atau bullish tentang prospek perdamaian di Timur Tengah. Beberapa informasi hanya dapat dilihat oleh teman Anda, beberapa tersedia untuk teman dari teman, beberapa tersedia untuk setiap orang. Kebijakan privasi Facebook yang membingungkan bagi banyak orang, dan perusahaan telah mengubah mereka sering, hampir selalu memungkinkan informasi lebih diekspos dengan cara yang lebih.
Menurut profil Facebook-nya, Zuckerberg memiliki tiga saudara perempuan (Randi, Donna, dan Arielle), yang semuanya dia berteman dengan. Dia berteman dengan orang tuanya, Karen dan Edward Zuckerberg. Dia lulus dari Phillips Exeter Academy dan masuk Harvard University. Dia penggemar komedian Andy Samberg dan jumlah kalangan musisi favoritnya Green Day, Jay-Z, Taylor Swift, dan Shakira. Dia adalah dua puluh enam tahun.
Zuckerberg mengutip "Minimalis", "Revolusi", dan "Menghilangkan Desire" sebagai kepentingan. Ia suka "Game ender itu," sebuah coming-of-usia fiksi ilmiah saga oleh Orson Scott Card, yang menceritakan kisah Andrew (ender) Wiggin, seorang anak berbakat yang permainan komputer master perang dan kemudian menyadari bahwa ia terlibat dalam nyata perang. Dia daftar tidak ada buku lain di profilnya.
Zuckerberg Facebook teman memiliki akses ke alamat e-mail dan telepon seluler nomor teleponnya. Mereka dapat menelusuri album fotonya, seperti salah satu berjudul "Kambing Panggang Besar 2009," catatan acara yang digelar di halaman belakang rumahnya. Mereka tahu bahwa, pada awal Juli, setelah kembali dari Allen & retret tahunan Perusahaan untuk mogul Hollywood, Wall Street taipan, dan raksasa teknologi, ia menjadi teman Facebook dengan Barry Diller. Segera setelah itu, Zuckerberg menulis di halaman Facebook-nya, "Apakah ada sebuah situs yang mengalir Dunia online final Piala? (Saya tidak memiliki TV.) "
Sejak akhir Agustus, itu juga cukup mudah untuk melacak Zuckerberg melalui fitur Facebook baru yang disebut Tempat, yang memungkinkan pengguna untuk menandai lokasi mereka setiap saat. Pada 2:45, EST, pada tanggal 29 Agustus, dia di Hotel Ace, di distrik garmen New York. Dia kembali di markas Facebook, di Palo Alto, oleh 19:08 Pada tanggal 31 Agustus di 10:38 AM, ia dan pacarnya itu makan malam makan di Taqueria La Bamba, di Mountain View.
Zuckerberg mungkin tampak seperti pengikut berlebihan di usia lebih dari-sharing. Tapi itu semacam titik. Model bisnis Zuckerberg tergantung pada pengertian kita pergeseran privasi, wahyu, dan semata-mata pamer diri. Semakin banyak orang bersedia untuk menempatkan online, semakin banyak uang yang situsnya dapat membuat dari pengiklan. Untungnya untuk dia, dan prospek keberuntungan akhirnya, kepentingan bisnisnya berkolaborasi secara sempurna dengan filosofi pribadinya. Di bagian bio halaman nya, Zuckerberg menulis sederhana, "Saya mencoba untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih terbuka."
      Dunia, tampaknya, adalah menanggapi. Situs ini sekarang jaringan sosial terbesar di negara-negara mulai dari Indonesia ke Kolombia. Saat ini, setidaknya satu dari setiap empat belas orang di dunia memiliki account Facebook. Zuckerberg, sementara itu, menjadi raja anak laki-laki dari Silicon Valley. Jika dan ketika Facebook memutuskan untuk go public, Zuckerberg akan menjadi salah satu orang terkaya di planet ini, dan salah satu miliarder termuda. Dalam edisi Oktober Vanity Fair, Zuckerberg bernama No 1 dalam peringkat daya majalah Pendirian Baru, tepat di depan Steve Jobs, pimpinan Google, dan Rupert Murdoch. Majalah itu menyatakan dia "kami Caesar baru."
Meskipun tujuannya keterbukaan global, namun, Zuckerberg tetap menjadi orang waspada dan swasta. Dia tidak ingin berbicara dengan pers, dan ia melakukannya jarang. Dia juga tampaknya tidak menikmati penampilan publik yang semakin meminta dari dirinya. Backstage di sebuah acara di Museum Sejarah Komputer, di Silicon Valley, musim panas ini, salah satu lawan bicaranya berpaling kepada Zuckerberg, menit sebelum mereka muncul di atas panggung, dan berkata, "Anda tidak suka melakukan hal-macam peristiwa yang sangat banyak, Anda "jawab Zuckerberg dengan singkat"? Tidak, "lalu meneguk air dari botol dan memandang ke kejauhan.
Hal ini membuat saat saat ini satu sangat canggung. Zuckerberg, atau setidaknya tidak sah versi Hollywood dari dirinya, akan segera membintangi sebuah film berjudul "The Social Network," yang disutradarai oleh David Fincher dan ditulis oleh Aaron Sorkin. Film, yang membuka Festival Film New York dan akan dirilis pada tanggal 1 Oktober, akan menjadi pendahuluan yang sebagian besar dunia sampai ke Zuckerberg. Profil Facebook selalu sesuatu dari kinerja: Anda memilih rincian yang Anda ingin berbagi dan Anda memilih siapa Anda ingin berbagi. Sekarang Zuckerberg, yang bertemu dengan saya untuk beberapa wawancara di-orang musim panas ini, sedang menghadapi sesuatu yang sebaliknya: sebuah eksposisi publik rincian bahwa dia tidak memilih. Dia tidak berencana untuk melihat film.
Zuckerberg - atau Zuckerman, karena ia dikenal hampir semua orang dari kenalannya - pucat dan media membangun, dengan pendek, rambut keriting cokelat dan mata biru. Dia hanya sekitar lima kaki delapan, tapi ia tampaknya lebih tinggi, karena ia berdiri dengan dada keluar dan punggung lurus, seolah-olah mengangkat oleh string. Pakaian standar-Nya adalah kaus abu-abu, bluejeans, dan sepatu kets. Pengaruh-Nya dapat menjadi jauh dan membingungkan, campuran aneh pemalu dan sombong. Ketika dia tidak tertarik pada apa yang seseorang bicarakan, dia hanya akan berpaling dan berkata, "Ya, ya." Kadang-kadang ia berhenti begitu lama sebelum ia menjawab seolah-olah sedang mengabaikan pertanyaan sama sekali. Keluhan khas tentang Zuckerberg adalah bahwa dia "robot." Salah satu teman dekatnya mengatakan, "Dia sudah overprogrammed." Memang, kadang-kadang ia berbicara seperti Message-kasar Instan, datar sebagai dial nada-dan dia bisa datang dari sebagai sandal dan merendahkan, seolah-olah ia selalu tahu sesuatu yang Anda tidak. Tapi tatap muka dia sering menawan, dan dia menjadi lebih nyaman di atas panggung. Di Museum Sejarah Komputer, ia jarang energik, bijaksana, dan introspektif-santai, bahkan. Dia berbicara kekhawatiran tentang pengaturan privasi Facebook dengan menyampaikan sebuah anekdot pribadi dari jenis yang jawabannya umumnya kurang. ("Jika saya bisa memilih untuk berbagi ponsel nomor saya hanya dengan semua orang di Facebook, saya tidak akan melakukannya Tapi karena saya dapat melakukannya dengan hanya teman-teman saya melakukannya."). Dia mencela diri sendiri juga. Ketika ditanya apakah dia orang yang sama di depan orang banyak ketika dia dengan teman, Zuckerberg menjawab, "Ya, orang aneh yang sama."