Posted by : Unknown Selasa, 15 Januari 2013


Jenis Jenis Modem Internet : Saat ini internet sangat mudah digunakan dan dipasang di setiap rumah. Jika dulu internet hanya ada di kantor dan warnet saja, kini hampir setiap rumah di kota-kota besar bisa menggunakan internet. Tentu selain jaringan internet yang sudah semakin luas, adanya peralatan yang mendukung juga turut membantu perluasan internet ini. Salah satu alat yang tidak dapat dilepaskan dari internet adalah modem. Ada banyak jenis jenis modem yang saat ini dapat digunakan untuk internet.

Fungsi Utama Modem

Berbagai jenis jenis modem ini sebenarnya memiliki fungsi yang pada dasarnya sama. Fungsi dari modem adalah sebagai alat pengubah signal dari analog ke digital dan sebaliknya. Dengan pengubahan bentuk signal ini, data dapat dikirimkan melalui jaringan internet. Dengan kata lain, 
  • Fungsi utama dari modem adalah sebagai pengubah data sebelum ditransmisikan.
Adanya modem membuat jaringan internet pun dapat meluas ke seluruh dunia. Alat kecil yang berfungsi sangat besar ini membuat aktivitas internet saat ini dapat dilakukan dimana saja. Dengan sebuah modem GSM atau CDMA yang kecil, Anda bisa menggunakan internet di rumah, di kampus, di mobil dan di tempat-tempat lainnya.


Pembagian Besar Jenis Modem

Walaupun ada banyak jenis jenis modem yang beredar di pasaran, namun secara umum hanya ada dua pembagian besar dari jenis modem tersebut. Pembagian besar dari modem tersebut jika dilihat dari penempatannya dalam perangkat komputer adalah modem internal dan eksternal.
  • Modem internal adalah modem yang ada di dalam sebuah komputer maupun laptop. 
  • Sedangkan modem eksternal adalah modem yang berada di luar komputer dan laptop, bisa dipasang dan dilepaskan secara mudah.
Ada lagi pembagian besar dari jenis jenis modem berdasarkan sinyal yang dilaluinya. Pembagian tersebut adalah modem kabel dan modem nirkabel.
  • Modem kabel adalah modem yang aliran datanya melalui media kabel. Beberapa contoh modem ini seperti modem analogmodem ADSL, modem kabel pada jaringan TV kabel, modem dial up, dan lain-lain. 
  • Modem nirkabel adalah modem yang menerima signal dalam perantara udara (tanpa kabel). Beberapa contoh modem ini adalah seperti modem 3G, modem GSM, modem CDMA, dan lain-lain.
Semakin meluasnya internet memberikan kesempatan penyebaran informasi yang lebih luas pula. Fungsi berbagai jenis jenis modem ini turut menyertai perkembangan dunia internet ini. Harga yang semakin murah dari hari ke hari dan semakin terjangkau membuat internet bukanlah milik sebagian orang menengah ke atas saja. Dengan kata lain, setiap individu memiliki hak yang sama untuk menyicipi perkembangan internet ini.





Description: Jenis Jenis Modem Internet
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Jenis Jenis Modem Internet

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -