Posted by : Unknown Rabu, 18 April 2012



2 hari yang lalu adalah hari pertama masuk Lab menengah pertama/lanjut Sistem Informasi di kampus saya (E546). Pertama masuk liat monitornya lumayan bagus (Monitor LCD ukurannya 14 atau 15,6"), pas coba gerakin mouse ternyata pointer mousenya tidak bergerak (PC hang) padahal saya sengaja duduk paling depan (yang paling depan biasanya paling bagus ). Saya restart PCnya sampai tampilan dekstop, ternyata pointer mousenya tidak bisa gerak juga, akhirnya saya memutuskan untuk gabung dengan teman disebelah saya yang computernya tidak hang/error. Sekitar 5 menit berselang saya coba lagi gerakin mouse PCnya, akhirnya bisa. Kalo menurut analisa saya, PC tersebut lambat dlaam mendeteksi hardware (Mouse).



Praktikum dimulai, setelah mengerjakan beberapa soal yang diberikan oleh AsLab, Ada beberapa praktikan yang disuruh maju untuk menulis jawaban yang telah dijawabnya tadi di papan tulis. Setelah semuanya terjawab, AsLab menyuruh praktikan untuk mencoba program sederhana (Jawaban No.3) yang telah ditulis oleh teman saya. Karna praktikum kali ini adalah tentang Linux with C saya mencoba untuk membuka VMWare dan menjalankan/play linuxnya, namun yang terjadi adalah muncul pringatan yang mengindikasikan kalo PC tersebut tidak dapat menjalankan Virtual Linuxnya karna memory (RAM) sangat kecil. Saya coba periksa melalui dxdiag ternyata RAMnya hanya 256MB. Menjalankan Virtual Linux di PC yang RAMnya hanya 256mb itu sama seperti ungkapan "Bagaikan si cebol merindukan bulan". Karna tidak bisa dengan menggunakan linux, saya coba dengan turbo C++ dan berhasil.

Sesi selanjutnya dimulai, praktikan di perintahkan untuk mencoba dan memperbaiki program yang telah ditulis dipapan tulis oleh AsLab, saat mencoba programnya, PC yang saya gunakan kembali hang/error. Saya restart lagi PCnya,  lagi - lagi pointer Mousenya tidak bisa digerakan harus menunggu sekitar 5 menitan baru bisa. Setelah itu PCnya berjalan normal walupun terkadang lag(freez) sampai peraktikum berakhir. Sebagai catatan, banyak 1 PC yang digunakan oleh 2 praktikan, sepertinya dari semua pc (sekitar 40++) hanya setengahnya yang bisa dan hanya kurang dari 6 PC yang menurut saya pantas untuk praktikum Linux with C (Dapat menjalankan Virtual Linux).

Sungguh disayangkan Lab System Informasi milik Universitas yang katanya "World Class University" seperti ini. Masih bagus PC di warnet yang perjamnya hanya 3Ribu rupiah. Semoga kedepannya ada perbaikan.

Description: LABSI gudang PC jadul?
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: LABSI gudang PC jadul?

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -