Posted by : Unknown Rabu, 16 Januari 2013

Jika kita ingin mengembangkan website yang berbasis ASP.NET, kita dapat menggunakan Laptop atau PC Windows 7 kita sebagai webserver berbasis IIS ASP.NET. Disaat pertama install windows 7 fitur IIS ASP.NET tidak terinstall, untuk mengakaifkannya kita harus mengisntallnya secara manual. Ketika IIS sudah terpasang maka web root direktori secara defaul berada di LocalDrive:\Inetpub\wwwroot. Sebelum install IIS yang perlu dicermati adalah windows 7 versi apa yang terinstall di komputer atau laptop kita, karena tidak semua varian windows 7 dapat diinstall IIS secara lengkap, untuk versi yang lengkap adalah windows 7 Ultimate, Profesional, Enterprise. Tapi untuk lebih detail lagi bisa dilihat di web microsoft langsung "Available Web Server (IIS) Role Services in IIS 7.5"


Berikut beberapa langkah untuk mengaktifkan IIS ASP.NET di windows 7 :
1. Di dalam Control panel pilih Programs (jika tampilan Control Panel classic pilih Programs and Features)
2. Di bawah Programs and Features klik Turn Windows features on or off (jika tampilan classic letaknya di sebalah kiri dari jendela Program and Features)
3. Maka Windows Features dialog box akan muncul, klik tanda plus (+) pada Internet Information Services
4. Klik tanda plus (+) pada Web Mangement Tools, klik tanda plus (+) pada IIS 6 Management  Compatibility, kemudian pilih IIS 6 Metabase and IIS 6 configuration compatibility.
5. klik tanda plus (+) pada World Wide Web Service, klik tanda plus (+) pada Application Development Features, kemudian pilih ASP.NET. Maka pilihan lain yang dibutuhkan oleh Web application development akan terpilih secera otomatis.

6. Masih di dalam World Wide Web Services, klik tanda plus (+) pada Security, kemudian pilih Windows Authentication, ini dimaksudkan agar menggunakan visual studio sebagai debug program..
7. Masih di dalam World Wide Web Services. klik tanda plus (+) pada Common HTTP Features, kemudian pilih Static Content.
8. Klik OK untuk menulai instalasi IIS dan ASP.NET.
9. Setelah proses instalasi buka IIS Manager untuk memastikan IIS telah berjalan. untuk mengakses IIS manager pada Control Panel klik System and Security kemudian klik AdministrativeTools, kemudian pada jendela Administrative Tools pilih Internet Information Services (IIS) Manager
10. Jika memastikan IIS telah berjalan kemudian buka browser dan masukkan URL : http://localhost, maka jika berhasil akan muncul

Demikian sedikit sharing tentang IIS dan ASP.NET. bagi yang memiliki Windows XP, Windows Vista dan Windows 8, langkah-langkah dasar sama tinggal tampilan yang berbeda.

Description: Install IIS 7 dengan ASP.NET di Windows 7
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Install IIS 7 dengan ASP.NET di Windows 7

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -