Posted by : Unknown Sabtu, 12 Januari 2013

Salah satu cara agar sebuah usaha dapat dikenal oleh publik yang lokasinya jauh adalah menyediakan online shop atau e-commerce. Orang dapat mengunjungi Toko atau tempat usaha kita secara virtual, untuk itu diperlukan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat menangani permasalahan tersebut. Berikut beberapa aplikasi berbasis web yang mempunyai fungsi sebagai toko online, aplikasi-aplikasi tersebut bersifat open source dimana dapat di modifikasi sesuai dengan kebutuhan dari usaha yang sedang dijalani.


1. Magento

Magento merupakan e-comerce platform yang sangat baik,  Samsung, The North Face, Stussy dan Nespresso menggunakan software ini untuk memperkuat Toko Online mereka. dan hampir 30.000 toko online menggunakan platform ini. Software ini berbayar jika memilih paket Enterprise Edition. Tapi gratis untuk Comunity Edition yang ditujukan bagi para pengembang yang akan mengembangkan software ini bagi toko atau akan di jual kembali.


osCommerce dibuat dibawah GNU Public Licenses dan memiliki fasilitas yang umum dipakai untuk sebuah toko online. software ini memiliki lebih dari 7000 add-on gratis yang dapat digunakan untuk melengkapi toko online.


Dengan OpenCart kita dapat membuat jumlah kategori yang tidak terbatas, menjual produk dengan jumlah yang tak terbatas, menggunakan beberapa bahasa, melayani lebih dari 20 macam metode pembayaran, dengan tampilan user friendly, OpenCart juga mudah untuk masuk dalam search engine, sehingga dapat membantu agar toko online dapat diakses di mesin pencari.


Spree merupakan software e-commerce untuk Ruby on Rails. Spree dapat didesain sendiri sesuai dengan kebutuhan toko online kita. Fitur-fitur yang berguna yaitu, memiliki lebih dari 50 jalur pembayaran, dan penggunaan pajak yang dapat disesuaikan dan juga didukung dengan built-in Google Analytics.


Prestashop merupakan salah satu software ecommerce profesional yang dapat dengan gratis didownload dan mudah untuk instalasinya. Dapat melakukan kontrol (pengiriman, persediaan, order dan pelanggan) secara real time. Dalam melakukan pembayaran dapat dikirim langsung ke rekening bank yang dipercaya menggunakan teknologi keamanan yang terbaru.


VirtumMart digunakan bersama-sama dengan Joomla. Jika anda sudah terbiasa dengan Joomla maka virtumart dapat dengan mudah diinstall dan di setting. Pelanggan dapat membuat account mereka sendiri dan memiliki histori pemesanan dan pembelian mereka. VirtuMart juga mendukung beberapa bahasa dan mata uang.


Bagi pengguna Drupal, Ubercart merupakan salah satu module yang dapat digunakan. Ubercart bagi orang-orang yang menjual sesuatu bukan secara fisik (file download, Tiket online, registrasi acara, dan lain-lain). Bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan Drupal, disarankan untuk menggunakan platform ecommerce yang lain.


Hal yang terbaik dari ZeusCart adalah tampilan yang menarik, atraktif, dan tidak membosankan untuk ukuran opensource software. Di disain untuk usaha kecil menengah, dimana pengguna dapat membuat template email sendiri, kartu hadiah, diskon, dan lain-lain.


Afcommerce merupakan salah satu software opensource yang sangat sederhana, Tampilan tidak terlalu rumit dan digunakan untuk para pemula. Akun pembeli secara otomatis dibuat sesuai pesanan.


Zencart mudah untuk dinstall,dikelola, dan dilakukan penyesuaian. Sangat cocok bagi mereka yang menginginkan sebuah software ecommerce tanpa perlu repot-repot melakukkan setting. Didalamnya terdapat manajemen berita, diskon, hadiah dan fitur dasar untuk sebuah toko.


Tomatocart merupakan pengembangan dari osCommerce sebagai projek yang terpisah. Memiliki teknologi web 2.0 seperti AJAX dan Rich Internet Aplikasi menawarkan perbaikan keguanaan dan mebuat interaksi dengan pelanggan dengan lebih cepat dan efisien.


Merupakan extension dari Joomla, sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan. Memungkinkan untuk menampilkan produk-produk, termasuk gambar, deskripsi, transaksi, pengiriman dan perhitungan pajak. RokQuickCart menggunakan Paypal dan Google Checkout sebagai sarana pembayaran.


StoreSprite tidak 100% untuk beberapa hal, seperti untuk menghilangkan copyright kita harus membayar. tapi untuk penggunaan umum StoreSprite dapat digunakan secara gratis. Fitur-fitur yang dimiliki antara lain,  loyalty points, customer ratings and reviews, status notifications, order tracking, special offers, best sellers dan shopper accounts.

Demikian sharing kali ini tentang aplikasi Toko Online berbasis web. Semoga dapat menjadikan referensi untuk mengembangkan usaha.

Description: Open Source aplikasi Toko Online berbasis web
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Open Source aplikasi Toko Online berbasis web

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -