Posted by : Ham JavaNet Rabu, 27 Februari 2013

Membentuk Pribadi Mandiri - Pada halaman atau postingan kita pada hari ini, untuk pertama kalinya, Hilbram Kurnia Blog's Tutorial telah merilis kategori baru plus dengan adanya postingan ini yang menjadi postingan berkategori Motivasi Kehidupan pertama kali di ciptakan.

Membentuk Pribadi Mandiri
Membentuk Pribadi Mandiri

Tiga pola yang penting dalam membentuk perilaku mandiri, antara lain sebagai berikut:

1. Berpikir Mulai dari Tujuan Akhir Peran Kita dalam Kehidupan.
Setiap orang dalam melaksanakan perannya di dalam kegiatan, baik bisnis, organisasi, dan lingkungan hidupnya tentu memiliki tujuan atau misi. Misi adalah suatu yang kita jalankan atau perankan dalam hubungan kita bersama orang lain. Misi menjadikan kita memiliki arahan atau guide dalam bersikap dan bertindak dalam hubungan kita bersama orang lain. Sebagai contoh, dalam lingkungan sekolah, apabila dapat meraih nilai yang bagus dalam ujian kita dapat membuat bangga orang tua kita.

2. Mengambil Peran ( Terlibat Aktif ).
Setelah kita memiliki misi atau tujuan yang kita tetapkan dalam peran kita di dalam hubungan kita bersama orang lain, baik organisasi atau lingkungan kita, maka kita berusaha mengambil peran aktif yang secara sadar sebagai tanggung jawab atas misi yang telah kita terapkan. Secara proaktif ( sikap mengambil tindakan yang menguntungkan ) menetapkan cara-cara pencapaian misi atau tujuan. Kemampuan memenuhi janji atas diri sendiri adalah ciri pribadi yang mandiri. Disiplin dan komitmen adalah kunci sukses dari setiap pribadi yang sukses.

3. Mendahulukan Hal-hal Penting yang Bermanfaat.
Tentu saja dalam misi yang kita tetapkan kita perlu menentukan skala prioritas, mendahulukan hal-hal penting yang berhubungan dengan pencapaian misi. Serta mampu mengorbankan kesenangan yang sekarang untuk sebuah tujuan. Skala prioritas membantu kita dalam fokus dalam pencapaian misi sebab misi yang sangat tinggi tersusun oleh tujuan-tujuan jangka pendek maupun menengah. Dengan skala prioritas, membuat kita lebih nyata dalam menetapkan misi, adalah hal yang membedakan antara cita-cita dan angan-angan. Cita-cita adalah hal yang mungkin karena kita mengetahui cara mencapai tujuan yang nyata.

( ditulis oleh - Hilbram Kurniawan saputra ).

Description: Membentuk Pribadi Mandiri
Rating: 4.5
Reviewer: Ham JavaNet
ItemReviewed: Membentuk Pribadi Mandiri

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -