Posted by : Unknown Sabtu, 25 Mei 2013




Ada banyak macam proxy, untuk basis OS windows bisa menggunakan winroute,winproxy, dll. untuk basis OS linux bisa menggunakan Squid. Disini saia menngunakan basis linux mikrotik. selain handal digunakan sebagai router, mikrotik juga bisa digunakan sebagai web proxy server. settingannya dibawah ini yang saia gunakan 

Spek PC : P3 800 Mhz, Mem 256, HD 30 Gb, 2 buah LAN Card (1 LAN onboard, 1 LAN tambahan) OS : Mikrotik OS 2.29.XX ISP : Telkom Speedy (Profesional) 1 line Modem merk Sanex standard bawaan speedy Client : 10 komputer 

Konfigurasi Mikrotik : 

#1. Setting Interface LAN card /interface set ether1 name=modem set ether2 name=lan 
keterangan: ether1 diganti nama (interface) menjadi modem (koneksi dari dan ke modem) ether2 diganti nama (interface) menjadi lan (koneksi dari dan ke jaringan LAN) tujuannya biar mudah di ingat gak ada pengaruh ke akses-nya. 

#2. Setting IP address /ip address add address=192.168.1.2/24 interface=modem add address=192.168.10.1/24 interface=lan 
keterangan : ip address standart (umumnya) modem 192.168.1.1 jadi ip interface dari-ke modem antara 192.168.1.2-254 (suka-suka) 

#3. Setting Gateway /ip route /add gateway=192.168.1.1 

#4. Setting DNS /ip dns set primary-dns=202.134.1.10 set secondary-dns=203.130.196.155 set allow-remote-requests=yes 
Keterangan : DNS digunakan untuk menerjemahkan alamat IP ke domain (****.com, ****.net, dll) atau sebaliknya, ada beberapa DNS untuk speedy pilih yang latency-nya kecil dengan nge-ping agar akses ke dns-nya agak cepat dikit. 

#5. Setting NAT /ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=modem 
keterangan : Network Address Translation (NAT) fasilitas router untuk meneruskan paket dari ip asal dan atau ke ip tujuan dan merupakan standart internet yang mengizinkan komputer host dapat berkomunikasi dengan jaringan luar menggunakan ip address public. 

#6. Setting web Proxy (transparent) /ip web-proxy set enabled=yes set hostname=proxywarnetku set transparent-proxy=yes set cache-administrator=admin@warnetmu 
Keterangan : settingan web proxy yang lain menggunakan default bawaan mikrotik. hostname=hostname dns atau ip address web proxy cache-administrator=email admin yang bisa dihubungi ketika proxy error, yang akan ditampilkan pada browser client ketika proxy error. 

#7. Setting redirect ke proxy /ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=80 action=redirect to-port=3128 
keterangan : Redirect digunakan untuk membelokkan/memaksa koneksi port 80 (www/web) dari client ke port 3128 default-nya web proxy mikrotik, jadi semua request client yang menggunakan port 80 (www/web) akan di belokkan ke web proxy mikrotik. 

#8. Memonitor web proxy /ip web-proxy monitor interval=1 

Keterangan : memonitor penggunaan web proxy mikrotik dengan interval waktu 1 detik 
Hasilnya    : memuaskan dan bikin puas…puas…! Sengaja tidak setting DHCP karena ip client     (windows) disetting manual hubungannya dengan billing warnet. Untuk jaringan yang besar dan client banyak sebaiknya menggunakan Squid di linux.

Description: [MIKROTIK] MIKROTIK WEB PROXY SERVER
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: [MIKROTIK] MIKROTIK WEB PROXY SERVER

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -