Posted by : Unknown Jumat, 30 November 2012

Pengertian Alinea

Alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat, karena dalam bentuk inilah penulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topik atau tema pembicaraan. Dalam 1 paragraf terdapat beberapa bentuk kalimat, kalimat-kalimat itu ialah kalimat pengenal, kalimat utama (kalimat topik), kalimat penjelas, dan kalimat penutup. Kalimat-kalimat ini terangkai menjadi satu kesatuan yang dapat membentuk suatu gagasan. Panjang pendeknya suatu paragraf dapat menjadi penentu seberapa banyak ide pokok paragraf yang dapat diungkapkan.


Tujuan Pembentukan Alinea

1. Menyalurkan penjelsan ide-ide atau gagasan pikiran secara detail karena terdiri dari ide pokok dari penjelsan ide dan juga paragraf merupakan bagian atau petaan-petaan dalam wacana.


2. Memisahkan dan menegaskan perkataan secara wajar dan formal, untuk memungkinkan kita berhenti lebih lama daripada perhatian pada akhir kalimat. Dengan perhentian yang lebih lama ini, konsentrasi terhadap tema alinea lebih terarah.

3. Memudahkan pengertian dan pemahaman dengan menceraikan suatu tema dari tema yang lain. Oleh sebab itu alinea hanya boleh mengandung suatu tema, bila terdapat dua tema, maka dipecahkan menjadi dua alinea.



Syarat-syarat Pembentukan Alinea

1. Kesatuan

Untuk menjamin adanya kesatuan alinea, setiap alinea hanya berisi satu ide pokok, satu topik/masalah.

2. Kepaduan atau Koherensi
Suatu alinea dikatakan padu jika dibangun dengan kalimat-kalimat yang berhubungan logis. Hubungan pikiran-pikiran yang ada dalam alinea menghasilkan kejelasan struktur dan makna alinea. Hubungan kalimat tersebut menghasilkan alinea yang satu padu, utuh, dan kompak. Kepaduan ini dapat dibangun melalui repetisi (pengulangan) kata kunci atau sinonim, kata ganti, kata transisi, dan bentuk paralel.

3. Ketuntasan
Ialah kesempurnaan. Hal ini dapat diwujudkan dengan:
- Klasifikasi yaitu pengelompokan objek secara lengkap dan menyeluruh.
- Ketuntasan bahasa yaitu kesempurnaan membahas materi secara menyeluruh dan utuh.

4. Konsistensi Sudut Pandang
adalah cara penulis menempatkan diri dalam karangannya.

5. Keruntutan 
adalah penyusunan urutan gagasan dalam karangan. Gagasan demi gagasan disajikan secara runtut bagaikan air mengalir-tidak pernah putus.


Macam-Macam Alinea

- Berdasarkan Tujuannya
Alinea pembuka : Alinea pembuka biasanya memiliki sifat ringkas menarik, dan bertugas menyiapkan pikiran pembaca kepada masalah yang akan diuraikan.

Alinea penghubung : Alinea penghubung berisi inti masalah yang hendak disampaikan kepada pembaca. Secara fisik, paragraf ini lebih panjang dari pada alinea pembuka.

Alinea penutup :  Alinea penutup biasanya berisi simpulan (untuk argumentasi) atau penegasan kembali (untuk eksposisi) menenai hal-hal yang dianggap penting.


- Berdasarkan letak kalimat utama
Paragraf Deduktif
Letak kalimat utama di awal paragraf dimulai dengan pernyataan umum disusun dengan uraian atau penjelasan khusus.

Paragraf Induktif
Letak kalimat utama di akhir paragraf. diawali dengan uraian/penjelasan bersifat khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum.

Paragraf Campuran
Letak kalimat utama di awal dan di akhir paragraf kalimat utama yang terletak di akhir bersifat penegasan kembali, dengan susunan kalimat yang agak berbeda.





- Berdasarkan sifat isinya
Persuasif
Jika isi paragraf mempromosikan sesuatu dengan cara mempengaruhi atau mengajak pembaca.

Argumentatif
Jika isi paragraf membahas satu masalah dengan bukti-bukti atau alasan yang mendukung.

Naratif
Jika isi paragraf menuturkan peristiwa atau keadaan dalam bentuk cerita.

Deskriptif
Jika isi paragraf melukiskan atau menggambarkan sesuatu dengan bahasa.

Ekspositoris
Jika isi paragraf memaparkan sesuatu fakta atau kejadian tertentu.


Contoh Alinea

Solid State Drive (SSD) adalah hardware penyimpanan data dengan teknologi yang paling baru, 2-3 tahun lagi menurut prediksi saya Harddisk akan tergantikan oleh Solid State Disk (SSD). Karna kecepatannya mengolah datanya jauh lebih cepat dari harddisk, Solid State Disk (SSD) mempunyai keunggulan yang membantu kinerja PC, seperti : Mempercepat booting, Cepat dalam pencarian data, Cepat dalam mentransfer data, Cepat dalam memulai aplikasi, Cepat dalam pemrosesan file, Maintenance (Error-Cheking) lebih cepat, Hemat daya(kalau laptop menghemat batre), Multitasking (seperti anda sedang transfer data yang besar sambil mengetik di word) lancar, Editing video lebih cepat, Suhu rendah,  Ringan, Tidak perlu defrag, dan sangat membantu Processor dan perangkat lainnya karna pengolahan data yang cepat.

Description: Alinea
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Alinea

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -