Posted by : Ham JavaNet Kamis, 28 Maret 2013


Setelah mencari cara men-setting wireless outdoor TP-Link TL WA 5210G milik teman dan juga milik sekolah sendiri akhirnya berhasil juga. Berikut pengalaman saya tentang cara setting pertama kali wireless outdoor itu.

Alat semacam itu memang berbeda dengan access point untuk indoor, kalau indoor kan tinggal hidupkan, colokan ke komputer untuk mengkonfigurasi dan mengetikkan alamat standar misalnya 192.268.1.xxx, maka kita sudah bisa mengkonfigurasinya dengan mudah sesuai petunjuk bawaan alat. Nah ternyata alat semacam TL WA5210G ini tidak begitu saja. Pada manual tidak ditunjukkan caranya meskipun itu hal sepele. Kalau gak ngerti sampai kapanpun gak bakal bisa mensetting apapun.

Langkah pertama tentu adalah menghubungkan 1 kabel utp dari colokan poe di power injector ke wireless TP Link dan 1 lagi kabel utp dari colokan LAN masih di power injector, serta sumber arus listrik ke power injector, sebagaimana petunjuk bawaan dari alat hingga lampu indikator 2 bagian kiri nyala.

Jika lampu power berkedip terus, itu artinya ada masalah pada supplai arus listrik, saya pernah menghadapi itu, begitu adaptornya diganti yang lain ternyata normal, atau bisa jadi kabel utp yang dari colokan poe (di power injector) itu yang bermasalah, uji saja dengan tes konektor kabel utp apakah urutan menyalanya benar.

Oh ya kabel utp bawaan alat hanya satu, jadi kita harus punya satu lagi untuk menyeting saja, tidak usah panjang-panjang juga gak apa.




Kemudian yang tidak ada petunjuk penggunaannya adalah ketika kita baru pertama akan mengkonfigurasi lebih lanjut itu. Bagaimana bisa mengkonfigurasi lebih lanjut kalau alat saja belum bisa terhubung dengan benar ke komputer.

Ternyata solusinya sepele, cukup mengubah ip network di komputer yang kita pakai, bisa diakses dari properties di network conection status itu kemudian mengisikan ip-nya untuk pengalamatan (misalnya isikan 192.168.1.100) dan subnet musk-nya (255.255.255.0) seperti figur di bawah ini. Setelah itu coba buka via browser dengan mengetikkan 192.168.1.254. Masukkan nama admin dengan “admin“, passwordnya juga “admin“. Nah begitu masuk kalau mau men-setting gampang, sudah banyak tuh tutorialnya, silahkan periksa via google saja.


Di sini saya memang hanya menceritakan pengalaman kecil itu hingga kita bisa masuk ke setingan via browser. Sekali lagi intinya kita harus memberi alamat ip network yang kita pakai karena alat tersebut statusnya harus sebagai Acces Point dulu defaultnya kan sebagai Client. Seperti pada gambar dibawah.Klik pada tab Wireless >> Wireless Mode >> Klik point Access Point.



Nah setelah konfigurasi atau penyetingan selesai baru kita bisa ubah-ubah yang lain, mau kita jadikan apa alat tadi, misal akan kita ubah jadi access point yah monggo di set itu.

Oh ya kalau sudah beres, jangan lupa kembalikan Ip address yang tadi kita ubah menjadi 192.168.1.100 itu ke Optain an IP address automatically atau sesuai setinggan sebelumnya.

Semoga bermanfaat

Description: [TUTORIAL] Setting TP-Link | TL WA5210G
Rating: 4.5
Reviewer: Ham JavaNet
ItemReviewed: [TUTORIAL] Setting TP-Link | TL WA5210G

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -