Posted by : Unknown Selasa, 12 Maret 2013

Kemandirian - Halaman ini akan menjelaskan tentang pribadi mandiri menurut buku novel yang telah saya rangkum dalam kajian kita pada hari ini. Kemandirian.

Kemandirian

Beberapa pengertian pribadi yang mandiri, antara lain sebagai berikut:
  1. Pribadi mandiri adalah pribadi yang berani, mau belajar, dan mau berlatih berdasarkan pengalaman hidupnya. Ia melihat, mencoba, dan merasakan sendiri hal-hal tertentu yang memang sudah seharusnya dilakukan. Contohnya, dengan kemauan sendiri berlatih suatu keterampilan tertentu, seperti musik, tari, dan teknologi.
  2. Pribadi mandiri adalah pribadi yang berani menetapkan gambaran hidup yang ia inginkan. Gambaran hidup ini menjadi tujuan yang hendak dicapai dalam hidupnya.
  3. Pribadi mandiri adalah pribadi berani mengarahkan kegiatan hidupnya untuk mencapai tujuan yang telah ia tetapkan sebelumnya. Ia memiliki langkah-langkah, kegiatan atau tingkah laku yang efektif untuk mencapai gambaran kehidupan yang diidealkan.
  4. Pribadi mandiri adalah pribadi yang berani menyusun langkah kegiatannya melalui tahapan yang realistis, berproses, dan membutuhkan waktu, dengan menyusun program dan menetapkan rentang waktu yang dibutuhkan, serta mau untuk mengevaluasinya.
  5. Pribadi mandiri adalah pribadi yang berani mengatur dan mengelola waktu dan kesempatan dalam banyak hal.
  6. Pribadi mandiri adalah pribadi yang berani menata dan menjaga diri. Ia terus berlatih untuk menjadi orang yang berkepribadian terpuji. Ia juga menjaga dan merawat kesehatan tubuhnya.
  7. Pribadi mandiri adalah pribadi yang berani mengambil keputusan secara cepat dan tepat, ia melakukannya berdasarkan data atau informasi yang memadai, mempelajari secara mendalam sebab dan akibatnya, memperhitungkan segala kemungkinan, menemukan solusi, menganalisis dampak dari solusi, dan ankhirnya mengambil keputusan dan menjalankannya dengan sadar dan bertanggung jawab.
  8. Pribadi mandiri adalah pribadi yang berani mengembangkan rasa percaya diri, mantap, tegas, dan bijaksana.
  9. Pribadi mandiri adalah pribadi yang berani mengurangi ketergantungan hidupnya dari orang lain untuk lebih banyak bersandar untuk kekuatan sendiri.
Untuk teman-temanku semua, janganlah menjadi orang yang manja terhadap kepribadian diri sendiri, karena dengan kepribadian yang tidak baik ini, membuat jati diri kita kotor di mata orang lain. dan Salam Sejahtera...

( ditulis oleh - Hilbram Kurniawan Saputra ).

Description: Kemandirian
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Kemandirian

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -