Posted by : Ham JavaNet Minggu, 10 Maret 2013

SEO, 3 huruf yang tidak bisa dilepaskan dari dunia blogging. Setiap kita blogwalking di blog yang memuat tentang tutorial blogging pasti ada 3 huruf tersebut. Bagi blogger pemula tentu bertanya-tanya. Apaan sih SEO itu? Untuk apa SEO itu? Apa manfaat SEO?  Black Hat SEO, SEO on Page dan SEO off Page ? Walaaah tambah bingung lagi dah.

Saya sendiri di awal belajar ngeblog "ora mudeng" dengan istilah tersebut, namun seiring berjalannya waktu dalam blogging, sedikit demi sedikit saya mulai memahami dan mengenal apa itu SEO. (sedikit sedikit paham, paham kok sedikit? hehehe). Nah, dengan  penjelasan berikut ini, mudah-mudahan kita akan lebih memahami istilah-istilah tersebut, syukur kalau bisa mempraktekkannya untuk blog kita.

Oke kita mulai dulu dengan apa yang dimaksud dengan SEO dulu. SEO singkatan dari Search engine optimization yang dalam bahasa Indonesia berarti Optimasi mesin pencari adalah serangkaian proses usaha yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. (wikipedia) Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.
Logisnya, situs web atau blog yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Upaya SEO adalah sesuatu yang kompleks dan jika ingin mendapatkan hal yang diinginkan tentu memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar. Banyak hal yang mesti dilakukan dalam hal SEO blog, tentunya juga tidak sekedar teori belaka.

Apakah manfaat SEO? Dari penjelasan di atas jelas tujuannya yaitu agar blog ata websites bisa menempati posisi teratas di mesin pencari. Selain itu untuk sebagian blogger yang berkecimpung dalam bidang online marketing ataupun bisnis online biasa menggunakan teknik SEO untuk menarik keuntungan dalam hal ini tentu saja UANG. Misalnya bisnis afiliasi, Google adsense, PPC dan penjualan produk.

Secara umum SEO terbagi 2 yaitu SEO on Page dan SEO off Page.

SEO on Page adalah upaya optimalisasi baik halaman utama blog ataupun postingan blog agar blog berada di halaman terdepan di search engine. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam teknik SEO on page yaitu antara lain; Nama blog/domain, Page title / judul halaman / judul posting, header tags, alt tags  image / gambar, jumlah kata dalam suatu artikel, density keyword atau persentase kemunculan kata kunci serta kesesuaian antara judul posting dengan isi artikel, dan jumlah  link keluar dan internal linking (tautan ke posting lain di blog yang sama). 



SEO off page adalah upaya optimalisasi blog dengan cara di luar blog.
Salah satu teknik dalam SEO off page ini adalah dengan cara bertukar link atau link exchange. Namun perlu hati-hati jangan sampai teknik ini hanya menguntungkan satu pihak saja, artinya link hanya mengarah pada satu blog saja. Selain itu jika kita menempatkan link exchange di sidebar/footer dan terus muncul dihalaman posting/homepage bisa jadi itu sebuah kerugian buat sobat, karena akan banyak link yang keluar dari blog kita. Buatlah halaman khusus / halaman statis untuk link exchange. 





Teknik yang lain ialah dengan cara berkomentar di blog-blog dofollow ber pagerank tinggi / menanam link di blog lain. Tapi ingat lakukan secara normal jangan berlebihan. Berikan juga komentar-komentar  di blog nofollow agar terkesan alamiah di mata google. Ping blog dan submit sitemap juga perlu dilakukan dalam teknik ini setelah kita mempublikasi artikel kita, tujuannya agar search engine bisa mengindeks postingan blog.

Jika kita perhatikan masih ada beberapa teknik lain, seperti submit artikel ke social bookmarking, upload video ke youtube, membuat dummyblog, promosi blog di social networking seperti facebook dan twiiter dan mendaftarkan blog di web directory. Intinya SEO off page adalah strategi dan teknik promosi blog.

Mungkin ada beberapa hal lain lagi, namun sejauh ini baru ini saja yang pernah saya lakukan. dan mungkin juga masih ada rahasia lagi yang disimpan oleh blogger-blogger master senior kita. Kita bisa juga menyewa atau membayar penyedia jasa SEO, yang tentunya kita harus siap keluar duit untuk itu. Oke sobat, silakan dicoba teknik-teknik tersebut, mulai dari hal yang sederhana dulu, setelah itu baru ke hal yang agak ribet, hehehe. Happy Blogging.

Siapa Yang mau coba teknik SEO on Page ala mr-ekoapriadi?

Description: [TUTORIAL] Teknik SEO on dan SEO off Page
Rating: 4.5
Reviewer: Ham JavaNet
ItemReviewed: [TUTORIAL] Teknik SEO on dan SEO off Page

Leave a Reply

Monggo Tinggalkan Jejak Kaks :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Arsip Blog

Followers

- Copyright © 2013 shad0w-share | Designed by Johanes Djogan -